Behind the recording of Raksasa

Posted on Updated on

Akhirnya, setelah sekian lama kita struggle di sesi rekaman, akhirnya selesai juga dengan hasil memuaskan. Rekaman Raksasa mungkin untuk saya adalah rekaman dengan teknis paling rumit. Hal ini karena kita beberapa kali pindah studio sehingga perlu penyesuaian. Dari sisi teknis, kita juga sedikit repot dengan berbagai macam perbedaan software sehingga perlu penyesuaian lebih lagi. Untung semua itu berhasil kita tanggulangi tanpa pengorbanan yang besar, hehe.

Berikut, kita akan melakukan mixing lalu mastering yang akan dikerjakan oleh engineer handal Joseph manurung. Beliau ini adalah salah satu pemuka audio engineer di Indonesia yang sudah malang melintang bertahun-tahun. Beliau juga salah satu orang yang mendapat ilmu dengan mengikuti workshop dari Michael Brauer di Perancis. Kita percayakan mixing dan mastering ke beliau mengingat reputasinya. Awalnya, Joseph tertarik mengerjakan musik Raksasa untuk refreshing. “Menurut istilah beliau “cuci kuping” karena selama ini, dia selalu mengerjakan musik dari label besar yang kita semua tahu musiknya seperti apa. Ditambah lagi, beliau ini juga dulunya ngeband rock n’ roll, jadi secara taste musik sangat nyambung dengan kita.

Sedikit menyinggung masalah teknis, kira-kira seperti ini :

  1. Pertama kali, Pepeng rekaman drum di studio di Kelapa Gading (shoot,i forgot the name of the studio, so sorry). Rekaman drum Pepeng dilakukan oleh Catur. Catur ini adalah produser proyek solo Pepeng yang bernama FnF dan juga keyboardist dari band Frezia. Drum direkam dengan menggunakan software Cubase.
  2. Setelah drum selesai, pada umumnya urutannya adalah rekaman bass, tetapi karena pada akhir Desember lalu gitaris kita Adrian Adioetomo harus berangkat ke Bali untuk beberapa bulan, jadilah kita merekam Adrian dulu. Lucunya, karena Adrian lebih banyak mengambil peran lead guitar, jadi bass dan rythm guitar kita rekam guide-nya dulu, baru Adrian rekaman berdasarkan guide itu. Rekaman dilakukan di studio pribadi milik Kartika Jahja dengan saya sebagai engineer-nya, hehe. Adrian direkam menggunakan software Logic Pro 9 dengan Focusrite Saffire Pro 14 sebagai audio interface-nya.
  3. Selesai Adrian, tiba giliran bass. Bonny melakukan rekaman di Black studio milik Zeke khaseli dengan menggunakan Pro Tools HD. Selama 2 hari (4 shift), Bonny rekaman tanpa kendala apapun dan bisa selesai semua lagu dalam 2 hari itu. Karena satu dan lain hal, selesai Bonny take bass disana, kita harus pindah studio lagi, yang akhirnya membawa kita ke…
  4. …Bee Sound studio di Condet. Tiba giliran saya merekam gitar yang dilanjutkan Adi Cumi merekam vokal di studio ini. Rekaman dilakukan dengan Pro Tools HD juga dan kita mengambil Komeng, engineer yang biasa menangani Black studio untuk menangani kita juga disini. Alhamdullillah, saya dan Cumi semua berhasil menyelesaikan rekaman disini tanpa kendala.
  5. Selesai rekaman, ternyata kita menyadari bahwa ada revisi pada departemen vokal dan juga sedikit tambahan backing vokal dan beberapa instrumen seperti tambourine, juga perlu adanya editing drum Pepeng sedikit. Jadilah kita meneruskan di studio milik Aroel. Aroel ini adalah otak dari band elektronik Stereomantic dan studio miliknya berada dirumahnya. Aroel menggunakan software Cubase sehingga data Pro Tools dari sesi rekaman terakhir harus di convert dulu. Berkat skill mas Aroel yang handal, rekaman dan editing bisa dilakukan dengan lancar meskipun berbeda software.
…Dan pada akhirnya, selesai sudah sesi rekaman kita. Berikutnya, mixing dan mastering oleh Joseph Manurung. Kita benar-benar excited akan hal ini. Doakan hal ini berjalan lancar ya,

Amien.
~ Iman Putra Fattah ~
21 April 2011
Advertisements

2 thoughts on “Behind the recording of Raksasa

    […] Read more here: Behind the recording of Raksasa « Raksasaproject's Official Blog […]

    Adrian Adioetomo said:
    29/04/2011 at 1:50 PM

    A Big-Big Thankyou to Kartika Jahja for lending her studio for the recordings of my guitar parts for Raksasa’s Album. We couldn’t’ve done it without your help (even though you were away at the time..)! God Bless you.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s