Review album Raksasa oleh DJWirya.com

Posted on

Raksasa Menyuguhkan musikalitas yang kuat

10 Desember 2011; 13:44 wib

Artis : Raksasa
Album : Raksasa
Label : Demajors
Rilis : 2011

Djwirya.com – Pernah merasakan diinjak makhluk bernama Raksasa? Jika belum kita bisa merasakannya secara tidak langsung dengan mendengarkan dan memanipulasi otak kita lewat album dari band yang mengkultuskan nama “Raksasa” sebagai identitas mereka.

Adalah Ady Cumzky (vokal), Iman Fattah (gitar dan vokal latar), Adrian Adioetomo (gitar dan slide gitar), Bonny Sidharta (bass), dan Franki Indra Asmoro (drum dan perkusi) yang bersatu untuk menjadi sesosok raksasa yang siap menghadirkan teror di industri musik Indonesia lewat materi lagu-lagu di album pertama mereka.

Dimulai dari track pertama “Insomnia”. Sebuah lagu yang menceritakan tentang keluh kesah serta protes orang yang mengidap penyakit susah tidur akut akibat tuntutan profesi pekerjaan dan mempunyai keinginan untuk lepas dari belenggu itu. Hentakan power drum dan aksi solo gitar pada lagu tersebut cukup menendang sebagai pembuka karena itu adalah titik awal untuk lebih merasakan keganasan di lagu-lagu selanjutnya, seperti di lagu kedua yang berjudul “Badai Antariksa” Dengan nuansa Rock-Blues, efek gitar flanger pada intro, serta tambahan vokal Bonita pada suara latar berhasil membuat lagu ini makin ciamik dan seksi untuk dinikmati.

Selanjutnya ada lagu “Nyalakan Apimu” yang berlandaskan lirik pemompa semangat ala anak muda untuk tetap berjuang menghadapi kehidupan nyata. Lalu setelahnya ada lagu “Taklukan Dunia”, “Pesawatku Delay”, dan “Diculik Ke Surga” yang lagi-lagi peranan scale gitar Delta Blues dari seorang Adrian Adioetomo sangat kental pada lagu tersebut. Ada satu anomali pada album ini, yaitu ketika mendengarkan track nomor tujuh “Seribu Tawon”. Entah dimaksudkan seperti apa, tapi lagu ini berbeda dari delapan lagu lainnya karena dibawakan hanya dengan alunan slide gitar akustik, vokal santai, dan pukulan perkusi. Untuk dua lagu terakhir ada lagu “Vampir Betina (Penyiksa Iman) dan “Kota Dosa” yang jika melihat liriknya secara skeptis mungkin bisa disimpulkan bahwa Adi Cumzky mendapatkan ilham menulis lirik lagu ini dari fenomena yang terjadi di ibukota.

Jadi secara subjektif, Raksasa berhasil membawakan musik berkualitas dan kembali mengingatkan hegemoni periode 90-an ketika musik Blues, Heavy Metal, dan Rock menjadi primadona.

Track List :
1. Insomnia
2. Badai Antariksa Feat Bonita
3. Nyalakan Apimu
4. Taklukan Dunia
5. Pesawatku Delay
6. Diculik Ke surge
7. Seribu Tawon
8. Vampir Betina (Penyiksa Iman)
9. Kota Dosa

Andrew Mahardika – Djwirya.com

*Hak Cipta dilindungi undang-undang, Pengambilan berita dalam bentuk apapun harus dengan ijin ke redaksi djwirya.com secara tertulis.

Original link

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s