Shooting video

Posted on Updated on

RAKSASA Shooting Video Klip!

“4.56 batman @i_frank diserang #seributawon #insomnia @raksasaband ga tidur malam ini.”

Begitu isi sebuah mention di akun twitter gue kemarin jam 4:56 subuh. Di twitter memang gue kerap disapa sebagai Batman, karena kebiasaan begadang gue (yang sekarang perlahan mulai gue kurangi). Sedangkan Seribu Tawon dan Insomnia adalah judul dua lagu band gue selain NAIF, yang bernama RAKSASA. Yep, kemarin (Sabtu, 9 Juni 2012) RAKSASA melakukan shooting video klip… Alhamdulillah, akhirnya! Hehe. Shooting diadakan di Rossi Musik, sebuah studio dan sekolah musik di sekitar jalan Fatmawati, Jakarta Selatan. Video klip RAKSASA disutradarai oleh Budi Cuprit, kawan lama gue juga yang sekaligus merupakan salah satu fotografer resminya NAIF yang belakangan ini lagi giat mengumpulkan portofolio sebagai seorang sutradara video musik. Karya terakhir Cuprit sebelum dia mengerjakan klipnya RAKSASA adalah video klip Cinta Untuknya, single ketiga NAIF dari ablum Planet Cinta. Budi Cuprit adalah fotografer yang pernah ngerjain foto-foto dalam beberapa album milik NAIF juga, seperti Titik Cerah, Retropolis, Televisi dan Planet Cinta.

Shooting video klip RAKSASA seharusnya udah berlangsung sejak bulan Februari 2012 lalu, tapi selalu aja ada kendala di tengah jalan yang menggagalkan rencana produksi klipnya. Dan akhirnya baru bulan Juni inilah shooting bisa dilakukan, langsung sekaligus dua klip dalam semalam!

Lirik lagu Insomnia bercerita tentang kegalauan seseorang yang punya penyakit kesulitan tidur di malam hari sehingga keinginan terbesarnya saat ini adalah cuma satu: bisa memejamkan mata untuk beristirahat. Konsep yang ada di dalam klip juga nggak lari jauh dari tema lagunya. Kami, RAKSASA (gue, Iman Fattah, Adi Cumzky, Bonny Sidharta dan Adrian Adioetomo) ceritanya ngeband sejak semalam suntuk sampai pagi saat matahari terbit. Mau nggak mau shooting juga dilakukan semalaman, sampai pagi. Shooting Insomnia dilakukan di roof top milik gedung Rossi Musik, sejak jam tiga dinihari di hari Minggu, 10 Juni 2012.

Sedangkan sebelumnya udah dikerjakan duluan shooting klip Seribu Tawon, hari Sabtu sorenya, sampai tengah malam. Lagu Seribu Tawon liriknya pun nggak terlalu jauh dari suasana mengawang seseorang yang terjebak di antara kantuknya dan insomnia. Dalam versi videonya, Seribu Tawon diceritakan menjadi sebuah sequel dari klip lagu Insomnia. Setelah RAKSASA ceritanya ngeband semalaman sampai pagi, mereka kecape’an dan masuk ke dalam ruangan yang berantakan setelah pesta semalaman, dan berusaha tidur di situ. Dalam kantuk itu si Cumzky sang vokalis bermimpi tentang suasana pesta semalam yang menyenangkan. Di sinilah adegan ngebandnya RAKSASA diadakan di lagu ini. Cuprit menggunakan teknik slo-mo (slow motion) yang disesuaikan dengan irama lagu, sehingga ia bisa merekam setiap gerakan cepat kami saat ngeband dengan audio lagu Seribu Tawon yang dipercepat temponya dua kali lipat. Serulah pokoknya!

Yang bikin seru lagi di shooting ini, kami menggunakan banyak properti, seperti buku-buku, majalah, ruangan yang penuh barang yang diberantakin semua. Padahal sih ruangan yang diberantakin itu adalah ruangan bossnya Rossi Musik yang kita “pinjam” dulu. Haha! Udah lama gue nggak shooting video dengan properti banyak. Dan, klip ini juga dikerjakan secara swadaya. Semua tenaga, pikiran, materi dan bantuan kawan-kawan dekat kita kerahkan di sini. Feels great, man!

Silakan intip aja foto-foto suasana shooting waktu itu, yang gue kutip dari postingan twitternya Iman, Ryant Mbek (fotografer yang merekam foto behind the scene), dan gue juga, yang semua terekam di hashtag #RAKSASAonLocation kalo kamu search di twitter.

Banyak terima kasih buat Rossi Musik yang sudah berbaik hati ngasih ijin buat RAKSASA porak porandakan setiap ruangannya, juga buat Budi Cuprit yang udah support RAKSASA, buat Ipung sang fotografer NAIF yang udah mau diculik dari kantornya untuk begadang semalaman ngebantuin Cuprit ngedirect, Ryant Mbek perekam behind the scene, dan kru-kru ciamik kami Thukulanda, Awaluddin, dan Nanang dari NAIFFUNCLUB, juga mas Heru Susanto dari Begundal NAIF.

Rencananya setelah ini video klip akan diedit langsung oleh bassist RAKSASA, bang Bonny Sidharta. Memang sehari-harinya si abang yang botak unyu itu berprofesi sebagai editor video. Yang mau pake jasanya untuk ngedit video kawinan, atau sunatan, atau pesta-pesta lainnya, silakan aja mention dia di twitternya: @Bijiganja. Hahaha!

Jakarta, 11 Juni 2012

10:22 WIB

 

– Franki indrasmoro-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s